Home » Blog » Sukses di Dunia Kerja: 7 Kebiasaan yang Harus Kamu Terapkan Setiap Hari

Sukses di Dunia Kerja: 7 Kebiasaan yang Harus Kamu Terapkan Setiap Hari

sukses di dunia kerja
TREAT, NO TRICKS!
DISC 15% + FREE 2 HALLOWEEN PATCH
Diskon berlaku untuk semua produk, periode promo : 15 Oct - 6 Nov. Syarat dan ketentuan berlaku.
Gunakan kode ini saat checkout:
PROMOXERAM
BELANJA SEKARANG

Sukses di tempat kerja tidak terjadi secara kebetulan, itu adalah hasil dari sikap, kebiasaan, dan tindakan yang dilakukan setiap hari. Namun, ada beberapa kebiasaan yang dapat membantu kamu menjadi lebih produktif, dan lebih mengembangkan diri. 

Berikut adalah tujuh kebiasaan yang bisa kamu terapkan setiap hari untuk mencapai kesuksesan di tempat kerja.

1. Time Management / Manajemen Waktu

Salah satu faktor kunci yang menentukan keberhasilan seseorang di dunia kerja adalah seberapa baik orang tersebut mengelola waktu mereka. Manajemen waktu sangat penting untuk memastikan bahwa Anda dapat menyelesaikan tugas tepat waktu dan menghindari tumpukan tugas yang dapat sangat menegangkan.

Setiap hari, kita bisa membuat to-do list untuk merencanakan kegiatan dan untuk membantu kita lebih fokus, kita bisa mencari dan menggunakan aplikasi untuk membantu kita set lebih terarah dan menggunakan fitur kalender atau pengingat untuk membantu kita untuk lebih terarah. kita bisa mencari dan menggunakan aplikasi untuk membantu kita set lebih terarah dan menggunakan fitur kalender atau pengingat untuk membantu kita untuk lebih terarah. kita bisa mencari dan menggunakan aplikasi untuk membantu kita set lebih terarah dan menggunakan fitur kalender atau pengingat untuk membantu kita untuk lebih terarah.

2. Aktif dalam Mencari Peluang dan Menyelesaikan Masalah

Orang-orang yang berhasil dalam dunia kerja yang penuh tantangan adalah orang-orang yang tidak hanya menunggu perintah, namun aktif dalam mencari solusi dan peluang baru (bukan dalam makna negatif). Yang dimaksud dengan aktif adalah mengambil inisiatif untuk menyelesaikan sebuah masalah tanpa diminta. Kebiasaan ini menunjukkan kontribusi dan kepemimpinan yang lebih tinggi untuk perusahaan.

Anda dapat menemukan solusi untuk masalah dalam alur kerja sebelum bos Anda memberi tahu Anda. Dengan cara itu, Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan. Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba membuat sistem baru atau strategi baru jika Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan efisiensi dalam proses kerja.

3. Selalu Belajar Dalam Mengembangkan Diri

Kemampuan untuk belajar dan beradaptasi adalah aspek yang perlu diperhatikan terutama untuk keberhasilan di dunia kerja. Seberapa besarpun fokus dan perhatian yang diberikan pada satu pekerjaan, perubahan yang cepat dan sering datang akibat dari teknologi yang sedang berkembang, perubahan tren di industri dan bahkan perubahan perluasan dan pengurangan keterampilan yang dibutuhkan, menuntut kita untuk memperbarui dan menambah kemampuan. Hal yang paling mendasar dan sederhana adalah membaca buku, mengikutsertakan diri dalam diskusi, dan seminar yang berhubungan dengan pekerjaan, dan pelatihan yang ditujukan untuk pekerjaan kita. Mengasah keterampilan dan pengetahuan yang kita miliki tentu menambah daya saing kita di tempat kerja. Di samping itu, kami dapat dan diperbolehkan mengajukan umpan balik, dan umpan balik dari atasan dan rekan adalah cara yang efektif untuk meng-shift down dan meng-assess pribadi.

4. Disiplin dan Konsisten

Pendidikan adalah sesuatu yang berharga untuk mencapai tujuan jangka panjang dan aspirasi karir di masa depan. Setiap pekerjaan yang dilakukan pasti membutuhkan tempat dan tingkat kehati-hatian serta konsentrasi yang tinggi dalam pelaksanaannya termasuk kualitas dalam bekerja. Belajarlah untuk menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu, menjaga standar dan tetap berkomitmen. Konsistensi dan disiplin ini akan membangun dan memperkuat kepercayaan dari rekan kerja maupun atasan untuk menciptakan peluang dalam kemajuan karir. Cobalah untuk melakukan aktivitas tanpa menundanya sebagai bentuk disiplin diri. Jangan biarkan pekerjaan menumpuk sampai harus terburu-buru, karena pekerjaan yang berkualitas akan selalu dihargai.

5. Membangun Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Keberhasilan di tempat kerja tidak hanya ditentukan oleh kemampuan teknik, namun juga ditentukan oleh hubungan sosial dengan orang lain. Membangun jaringan kerja yang kokoh dan bersinergi dapat memberikan banyak kesempatan promosi, bahkan peluang di tempat lain, dapat diperoleh. Membangun relasi dengan rekan kerja, atasan, bahkan klien, adalah suatu keharusan. Membuka komunikasi dengan terbuka, penguatan ide dan saling dukung dalam berbagai proyek. Relasi yang memadai mempermudah kerja sama dan penghilangan dukungan. Di luar pekerjaan, bersosialisasi juga sangat penting, seperti di acara perkumpulan kantor, kegiatan komunitas sosial, dan lain-lain. Acara tersebut dapat membawa keuntungan dengan banyak bertemu orang dari berbagai divisi, bahkan luar kantor. Mereka dapat menjadi jaringan profesional dan menjadi sangat berguna di masa depan.

6. Siap Menerima Kritik

Kritik dan umpan balik seringkali dipersepsikan secara negatif, tetapi merupakan beberapa cara terbaik untuk berkembang. Menerima kritik adalah tanda profesionalisme dan kedewasaan. Cobalah untuk melihat kritik sebagai kesempatan untuk belajar dan meningkatkan diri daripada sebagai penghinaan. Ketika Anda menerima kritik, dengarkan dan coba pahami kritik tersebut. Cobalah untuk memikirkan masalah dari sudut pandang kritikus daripada menjadi defensif. Ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi celah dan meningkatkan kinerja Anda. Carilah umpan balik dari atasan atau rekan kerja Anda, dan tanyakan apa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan pekerjaan Anda. Ini menunjukkan keinginan Anda untuk belajar dan berkembang.

7. Jaga Keseimbangan antara Kehidupan Kerja dan Pribadi (Work-Life Balance)

Bagi Saya, suatu pencapaian dalam pekerjaan tidak akan berarti apa-apa jika dalam kehidupan Saya tidak ada keseimbangan. Setelah semua, untuk kesejahteraan, baik fisik maupun mental, perlu ada keseimbangan antara kerja dan kehidupan. Jika tidak, dalam hidup ini akan terasa pekerjaan saja. Saya pun tidak ingin merasakan beban kerja yang berkepanjangan, lalu justru menurunkan produktivitas serta kualitas kehidupan Saya. Karena itu, Saya selalu menyempatkan diri untuk beristirahat, berolahraga, dan berkegiatan menyenangkan saat tidak sedang bekerja.

Setelah kembali bekerja, Anda bisa lebih kreatif dan berenergi karena Anda sudah memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, dan hobi dapat menjadi cara yang baik untuk meremajakan tubuh dan pikiran.

perilaku baik akan membawa anda sukses di dunia kerja. Jika Anda terlalu pasif, akan lebih sulit untuk mencapai tujuan karir Anda. Jika Anda melaksanakan secara proaktif, belajar, disiplin, sosial, menerima kritik, dan keseimbangan hidup, itu akan membantu. Ingatlah bahwa rahasia untuk mencapainya adalah usaha Anda yang terus-menerus. Setiap hal kecil yang Anda lakukan akan membuat Anda lebih dekat dengan hal besar. Itulah sebabnya Anda harus mencoba untuk melakukan lebih banyak tindakan positif dan melihat hasilnya memiliki kehidupan digital yang lebih produktif dan memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop